Monday 26 December 2011

Stack dan Queue

Terinspirasi dari tugas Sistem Operasi maka kali ini saya akan mempostingkan tentang Stack dan Queue. semoga postingan ini bisa sedikit membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas. yuk langsung saja sedot materinya dibawah ini.


Stack adalah salah satu struktur data yang memiliki sistem kerja Last In First Out (LIFO), yang terakhir masuk pertama keluar. Dapat di ilustrasikan seperti sebuah tumpukan buku, ketika mengambil sebuah buku di dalam tumpukan itu maka harus diambil satu persatu dari buku yang paling atas dari tumpukan buku tersebut.  Sebuah stack hanya dapat ditambahkan dan dikurangi elemennya hanya dari satu sisi yakni elemen atasnya atau biasa disebut Top Of Stack. 
Fungsi dalam Stack:
  • Fungsi init: fungsi yang digunakan untuk inisialisasi atau membuat stack baru yang masih kosong.
  • Fungsi full: digunakan untuk mengetahui stack penuh atau tidak.
  • Fungsi empty: digunakan untuk mengetahui stack kosong atau tidak.
  • Fungsi clear: digunakan untuk mengosongkan stack. Stack dianggap kosong apabila puncak stack berada pada posisi -1.
  • Fungsi push: digunakan untuk menambahkan data ke dalam stack. Penambahan data tidak bisa dilakukan apabila stack sudah penuh. Urutan perintahnya adalah: menambahkan nilai top dan menambahkan data pada posisi nilai top. Jika dalam Linked List menggunakan method addLast
  • Fungsi pop: digunakan untuk mengeluarkan data teratas stack dengan syarat bahwa stack tidak kosong. Urutan perintahnya adalah : menghapus data pada posisi nilai top dan menurunkan nilai top. Jika dalam Linked List menggunakan method removeLast
Queue adalah kumpulan data dengan penambahan data hanya melalui satu sisi, yaitu belakang (tail) dan penghapusan data hanya melalui sisi depan (head). Berbeda dengan stack yang bersifat LIFO maka queue bersifat FIFO(First In First Out), yaitu data yang pertama masuk akan keluar terlebih dahulu dan data yang terakhir masuk akan keluar terakhir.
Fungsi dalam Queue:
  • Fungsi init : digunakan untuk membuat queue baru atau kosong, yaitu dengan memberi nilai awal (head) dan nilai akhir (tail) dengan -1.
  • Fungsi full: digunakan untuk mengetahui apakah queue sudah penuh atau belum. Dilakukan dengan memeriksa nilai akhir (tail) apakah sudah sama dengan maksimal queue.
  • Fungsi empty: digunakan untuk mengetahui apakah queue masih kosong atau tidak. Dilakukan dengan memeriksa nilai akhir (tail) bernilai -1 atau tidak.
  • Fungsi enqueue : digunakan untuk menambahkan elemen ke dalam queue.
  • Fungsi dequeue : digunakan untuk mengambil elemen dari queue, dengan cara memindahkan semua elemen satu langkah ke posisi depannya sehingga elemen yang paling depan tertimpa.
  • Fungsi clear : digunakan untuk menghapus semua elemen dalam queue. Ada dua cara yang bisa digunakan, yaitu menuliskan fungsi seperti inisialisasi atau memanggil fungsi remove sampai queue kosong.

untuk materi selanjutnya silahkan download materi dibawah ini !

bagi yang punya materi lain silahkan dishare pada kotak komentar :-)
sumber : link,
link

1 komentar:

Tinggalkan jejak Anda di bawah ini...